Rekomendasi Tanaman Hias Cantik Yang Bantu Mengusir Hama

Minggu 20-10-2024,09:36 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS CO - Hobi merawat tanaman tentu menjadi hobi yang mengasyikan. Namun tak dapat dipungkiri, dalam berkebun sering ditemui hama yang sering hinggap di tanaman tersebut. Hama dapat menyerang berbagai jenis tanaman, termasuk kelompok tanaman hias. Hama tersebut mencakup tungau laba-laba, ulat, semut, kutu daun, dan sebagainya.

Namun jangan khawatir. Terdapat beberapa jenis tanaman yang dapat membantu mengusir hama yang dapat ditanam di lingkungan sekitar rumah. Tanaman pengusir hama menjadi cara alami atau natural untuk menghilangkan pengganggu dari rumah.

Selain itu tanaman pengusir hama juga tak merusak lingkungan dan berbahaya bagi kesehatan manusia, hewan peliharaan, ataupun organisme lain di halaman, seperti layaknya pestisida sintetis.

BACA JUGA:4 Hal Yang Harus Dihindari Dalam Merawat Tanaman Hias, Berikut Cara Mengatasinya

BACA JUGA:Jenis, Manfaat dan Cara Merawat Tanaman Hias Lidah Mertua

Berikut beberapa tanaman yang bisa membantu untuk mengusir hama, serangga, dan tetap bikin halaman jadi cantic dikutip dari berbagai sumber: 

1. Kemangi

Tanaman kemangi terkenal akan baunya yang khas. Hama sejenis nyamuk, kumbang kutu, dan cacing jaring kubis tidak tahan dengan aroma daun kemangi ini. Kemangi bisa ditanam di pot, ditanam di dalam ruangan bahkan di halaman rumah. 

Manfaat lain tanaman kemangi ini dapat digunakan dalam berbagai resep masakan dan lalap-lalapan. Sebagian masyarakat sangat menyukai daun kemangi ini sebagai tambahan makan nasi. 

BACA JUGA:Manfaat dan Filosofi yang Dimiliki Tanaman Hias Aglonema

BACA JUGA:Mengenal Tanaman Hias Yang Cocok di Ruangan AC

2. Mint

Mint lebih menyukai tanah yang dikeringkan dengan baik tapi lembab, tahan naungan, dan butuh perawatan minimal. Mint memiliki aroma yang kuat.

Beberapa hewan hama tak tahan dengan bau mint, seperti semut, nyamuk, siput, dan tikus. Tanaman ini juga baik ditanam di pot sebagai hiasan rumah. 

3. Marigold

Marigold sering dikenal dengan nama Tagetes. Marigold  mempunyai bunga yang unik dengan warna yang mencolok.

Marigold banyak digunakan sebagai border atau pembatas tanaman oleh para petani. Biasanya, Marigold  ditanam bersamaan dengan tanaman semusim. Kebanyakan serangga tidak menyukai aroma Marigold  yang berbau busuk.

4. Lavender

Lavender merupakan jenis tanaman yang bisa tumbuh di tanah yang tidak semprna. Tumbuhan lavender sering digunakan sebagai bahan dasar losion antinyamuk.

Bunga lavender memiliki aroma yang sangat harum. Selain nyamuk, menanam lavender dapat mengusir lalat, ngengat, dan kutu rumah.

5. Petunia

Petunia adalah salah satu bunga tanaman yang paling populer. Mereka cantik dan cerah tapi juga dapat mengusir serangga jahat seperti wereng, kutu daun, cacing gelang tomat, dan kumbang asparagus.

Petunia dapat tumbuh di tempat teduh sebagian dan perlu dilindungi angin. Pastikan tanaman ini memiliki jarak 30 sentimeter antara satu sama lain.

Kategori :

Terpopuler