Jenis, Manfaat dan Cara Merawat Tanaman Hias Lidah Mertua

Rabu 16-10-2024,09:36 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Tanaman hias lidah mertua paling sering dipakai untuk menghias ruangan. Selain indah dilihat, tanaman hias lidah mertua disebut mempunyai fungsi membersihkan udara. Bahkan menurut feng shui, tanaman lidah mertua dapat mendatangkan keberuntungan. 

Tanaman lidah mertua yang sering disebut juga tanaman ular berasal dari Asia dan Afrika. Bentuknya sangat simpel dengan daun yang berbentuk pedang hijau yang tumbuh tegak, dan hampir menyerupai dedaunan buatan. Bentuknya menyerupai lidah dengan ujung yang tajam maka tanaman ini disebut Lidah Mertua.

BACA JUGA:Manfaat dan Filosofi yang Dimiliki Tanaman Hias Aglonema

BACA JUGA:Mengenal Tanaman Hias Yang Cocok di Ruangan AC

Jenis Lidah Mertua yang paling umum yakni daun hijau ramping dengan garis horizontal abu-abu atau perak. Tanaman ini dapat tumbuh baik di area yang kurang pencahayaan.

Ada 3 jenis tanaman lidah mertua yakni:

1. Lidah Mertua Sarang Burung

       Daunnya membentuk kelompok yang sangat mirip dengan cangkir, mirip dengan sarang burung. Maka dari itulah sering disebut lidah mertua sarang burung.

BACA JUGA:Tanaman Hias Yang Bisa Dijadikan Obat

BACA JUGA:Mengenal Jenis Tanaman Paku Yang Dapat Dijadikan Tanaman Hias

2. Lidah Mertua Silinder

Jenis ini mempunyai bentuk daun yang bulat dan panjang menyerupai mahkota.

3. Lidah Mertua Hahnii

Lidah mertua jenis ini memiliki bentuk menggemaskan karena ukurannya yang mungil dan pendek. Sebenarnya jenis ini memiliki daun yang hampir sama dengan tanaman lidah mertua jenis lainnya, namun ukurannya lebih kecil. Sehingga bentuknya lebih lebar dibandingkan meninggi ke atas. 

Selain indah dilihat, tanaman lidah mertua juga mempunyai manfaat bagi manusia. Antara lain manfaatnya adalah:

1. Menyaring Udara

Yang unik dari tumbuhan ini adalah  merupakan salah satu dari sedikit tumbuhan yang dapat mengubah karbondioksida (CO2) menjadi oksigen di malam hari. Sehingga tanaman lidah mertua ini bisa menyaring udara kotor menjadi bersih.

2. Membuang Polutan Beracun

      Tanaman lidah mertua dapat membuang polutan beracun penyebab kanker.  Dengan kemampuan menyerap dan mengeluarkan racun berbahaya, tanaman Lidah Mertua dapat berperan sebagai pertahanan efektif terhadap alergi udara. 

Salahsatu alasan tanaman lidah mertua banyak dijadikan penghias rumah karena perawatannya yang tidak sulit. Tanaman ldah mertua dapat bertahan hidup di area yang kering, baik di dalam maupun di luar ruangan. Hal penting yang harus dilakukan dalam merawat lidah mertua yaitu:

1. Penyiraman Tidak Sering

Lakukan penyiraman apabila tanahnya telah benar-benar terlihat kering. Hal ini untuk mencegah pembusukan pada akar apabila tanahnya basah dan terlalu lembab.

2. Pencahayaan Tidak Langsung

Tempatkan tanaman lidah mertua pada pencahayaan yang tidak langsung. Hal ini untuk mencegah daunnya kusam dan layu karena terlalu panas oleh matahari.

Nah, itulah penjelasan tentang tanaman lidah mertua, dari jenis-jenisnya, manfaat, sampai bagaimana cara merawatnya yang benar. Apakah kalian tertarik menanam tanaman lidah mertua di atas? Semoga bermanfaat. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori :