Tanaman Hias Yang Bisa Dijadikan Obat

Kamis 10-10-2024,09:50 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Menambah keindahan rumah dapat dilakukan dengan menambahkan tanaman hias. Tanaman hias ini bisa diletakkan di luar maupun di dalam ruangan rumah. Namun selain menambah keindahan rumah, tanaman hias juga bisa berfungsi sebagai obat. Hal ini bisa membantu penghuni rumah dalam menjaga kesehatan. Biasanya tanaman hias yang mempunyai fungsi sebagai obat tidak sulit perawatannya dan cukup mudah dilakukan. 

Berikut ini beberapa tanaman hias yang bisa dijadikan obat:

BACA JUGA:Mengenal Jenis Tanaman Paku Yang Dapat Dijadikan Tanaman Hias

BACA JUGA:Manfaat Ampas Kopi Bagi Tanaman Hias

1. Lidah Buaya

Tanaman Lidah buaya dapat digunakan untuk mengatasi penyakit iritasi kulit dan sembelit agar pencernaan berfungsi dengan baik. Selain itu lidah buaya juga dapat digunakan untuk menambah nutrisi rambut agar tidak rontok dan tumbuh lebat. 

2. Kumis Kucing

Tanaman kumis kucing memiliki banyak manfaat. Antara lain dapat mengobati  penyakit rematik, sakit pinggang, batu ginjal. Baik bunga ataupun daunnya mempunyai manfaat yang sama. 

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Cocok Untuk Meja Kerja

BACA JUGA:Rekomendasi 4 Tanaman Hias Cocok Untuk di Ruang Tamu

3. Bunga Telang

Bunga telang dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Bunga berwarna biru keunguan ini banyak dimanfaatkan untuk campuran kosmetik, pewarna makanan, sampai dijadikan minuman untuk menurunkan berat badan. Selain itu juga bisa mengontrol gula darah untuk menghindari terkena penyakit diabetes.

4. Bunga Matahari

Semua bagian bunga matahari memiliki khasiat untuk kesehatan. Misalnya, bunganya memiliki efek untuk menurunkan tekanan darah dan sebagai pengurang rasa sakit . Lalu, bijinya bermanfaat sebagai anti-disentri dan untuk mengobati campak.

Inilah beberapa jenis tanaman hias yang juga bisa berfungsi sebagai obat yang bisa ditanam di sekitar rumah. Sebagian besar tanaman ini mudah ditanam dan dirawat. Selain di tanah, tanaman ini juga dapat ditanam di pot. Silahkan pecinta tanaman untuk memilihnya. 

 

 

 

Kategori :