Rekomendasi Tanaman Hias Yang Dapat Diletakkan di Kamar Mandi

Senin 30-09-2024,14:52 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Tanaman hias menjadi dekorasi yang dapat menambah keindahan suatu ruangan, baik itu ruang tamu maupun kamar tidur. Tak terkecuali di kamar mandi. Selain menjadi pajangan, sejumlah tanaman hias juga bisa jadi penyerap kelembaban sekaligus penghilang bau di toilet. 

Toilet jadi salah satu tempat di rumah yang kebersihannya mesti terjaga. Selain harus bersih, toilet juga harus wangi agar membuat nyaman di dalamnya.

Terdapat sejumlah tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi.

BACA JUGA:Membuat Tanaman Subur Dengan 5 Bahan Alami Ini

BACA JUGA:Ketahui Manfaat Bunga Telang Bagi Kesehatan

Tanaman hias ini dapat hidup dalam kondisi lembap yang tinggi seperti di kamar mandi. Tumbuhan ini juga akan membuat suasana di kamar mandi lebih segar.

Tanaman hias yang ditempatkan di kamar mandi tidak memerlukan pencahayaan yang banyak. Untuk itulah perlu diketahui jenis tanaman hias yang dapat tumbuh subur di udara yang lembab dengan sinar matahari yang minim. 

Berikut rekomendasi beberapa jenis tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar mandi :

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Minim Air Selain Kaktus

BACA JUGA:Simak Trik Merawat Tanaman Anthurium Rimbun dan Lebat

1. Eucalyptus

Eucalyptus biasanya jadi bahan yang digunakan dalam obat nyamuk, kadang terdapat juga di minyak telon bayi. Wangi eucalyptus tidak disukai banyak serangga termasuk nyamuk.

Namun eucalyptus juga sering digunakan sebagai aromaterapi, lotion, hingga parfum. Dengan wangi yang menenangkan dan bisa memperlancar pernapasan, tanaman satu ini cocok disimpan di kamar mandi.

Pilih juga eucalyptus yang tumbuh lambat dan tidak membutuhkan banyak ruang seperti eucalyptus gunnii.

2. Bambu Hoki

Bambu hoki adalah tanaman hias umum yang membawa keberuntungan yang dapat tumbuh tanpa tanah, sehingga cocok untuk kamar mandi. Pastikan Anda mengganti air secara teratur, dan tanaman akan tumbuh subur.

Tanaman bamboo hoki cukup ditempatkan dalam wadah dengan media air sehingga tidak perlu penyiraman rutin yang biasa dilakukan pada media tanah. 

3. Aglonema

Aglonema merupakan tanaman hias indoor yang tidak memerlukan sinar matahari berlebih sehingga cocok untuk tanaman kamar mandi.

Aglonema lebih menyukai kadar tanah yang lembap. Kondisi ini membuatnya tumbuh dengan baik. Selain itu, tanaman aglaonema juga mampu menetralkan racun udara seperti formaldehida dan benzena yang terdapat di kamar mandi,

Apabila  ingin meletakkannya di kamar mandi, gunakan pot berukuran sedang atau kecil agar tidak memenuhi kamar mandi.

4. Lidah Mertua

lidah mertua juga masuk kategori tanaman hias yang toleransi pada ruang redup bersuhu lembap seperti di kamar mandi.

Selain membuat suasana kamar mandi menjadi lebih sejuk dan asri, pertumbuhan tanaman lidah mertua ini tidak memakan banyak tempat karena ia akan tumbuh ke atas.

Meskipun Anda meletakkan tanaman lidah mertua di kamar mandi, pastikan tempatnya tidak dekat dengan keran air yang berpotensi membuat tanahnya basah.

Walau ramah pada suhu ruangan lembap, tanaman lidah mertua tetap kurang menyukai kondisi tanah basah. Sehingga pastikan tidak ada air yang menggenang di pot nya.

5. Spider Plant

Spider plant atau tanaman hias yang menyerupai kaki laba-laba ini sangat mudah beradaptasi pada kondisi apapun dan termasuk yang mudah tumbuh.

Penggunaan pot untuk tanaman spider plant perlu diperhatikan. Pasalnya, tanaman ini lebih suka pot kecil. Dari segi perawatan spider plant termasuk mudah. Anda hanya perlu menyiramnya 2-3 kali dalam seminggu.

Selain itu, spider plant menyukai suhu indoor atau outdoor yang relatif dingin. Sehingga cocok diletakkan di kamar mandi.

Itulah tanaman hias yang bisa serap lembap di kamar mandi. Pilihlah tanaman hias yang disukai dan letakkan di kamar mandi agar suasana semakin menenangkan.

 

 

 

 

 

 

Kategori :