Berikut 5 Manfaat Tersembunyi Tanaman Hias Bagi Kesehatan

Kamis 26-09-2024,14:57 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Tanaman hias mempunyai  nilai estetik yang  sedap dipandang mata. Bisa menambah indah ruangan dan menghasilkan penghijauan. Tak hanya itu, tanaman hias ternyata juga kaya manfaat bagi kesehatan, baik kesehatan  tubuh maupun kesehatan mental.

Kontak dengan alam melalui tanaman hias dapat meningkatkan kebahagiaan dan kesejahteraan.Hal ini yang belum banyak diketahui orang. 

BACA JUGA:Beberapa Penyakit Pada Tanaman Hias dan Tips Cara Mengatasinya

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Yang Bisa Dijadikan Bonsai

Berikut 5 manfaat tanaman hias bagi kesehatan:

1. Meningkatkan Kualitas Udara

Selain bermanfaat untuk menyerap racun yang disebabkan polusi udara, tanaman hias juga memiliki manfaat untuk mengurangi debu di dalam ruangan. Sehingga kualitas udara di dalam ruangan menjadi lebih bersih.

2. Meningkatkan Konsentrasi

Secara ilmiah, seseorang yang ruang kerja atau meja kerjanya terdapat tanaman hias, terbukti mengalami peningkatan kinerja. Para ahli menyatakan, jika di dalam ruangan terdapat tanaman, termasuk tanaman hias, ia memberi manfaat berupa peningkatan kreativitas, produktivitas, dan daya ingat.

BACA JUGA:Kenali Jenis Kaktus Yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

BACA JUGA:Kecantikan Bunga Aglonema Yang Jadi Rebutan, Pantas Harganya Tinggit

Selain itu, kadar oksigen yang meningkat sebab ruangan yang terdapat tanaman hias, bisa membantu meningkatkan konsentrasi.

3. Meredakan Stres

Tanaman hias yang didominasi warna hijau dapat membuat suasana menjadi segar, tenang dan sejuk. Dengan memandang keindahan tanaman hias diyakini dapat memperbaiki suasana hati menjadi lebih rileks. Yang semula kalut, jadi tenang. Yang awalnya marah, jadi reda.

4. Membersihkan Racun

Senyawa berbahaya yang terdapat pada alat atau pakaian akan tersingkirkan dengan kehadiran tanaman hias. Selain itu, tanaman hias, terutama tanaman sri rezeki dan lidah mertua, juga dipercaya dapat membersihan racun. Lebih-lebih ruangan yang banyak polusi udaranya. Sebab, orang yang berdiam di dalam ruangan dengan volume polusi udara yang tinggi dapat menciptakan penyakit kanker paru-paru, infeksi paru-paru pada anak, stroke, penyakit paru obstruktif kronis, dan penyakit jantung iskemik.

5. Mempercepat Masa Penyembuhan

Hasil penelitian membuktikan, pasien yang baru selesai menjalani operasi akan segera pulih jika sering melihat pemandangan hijau, seperti tanaman hias. Dengan ini, secara ilmiah manfaat dari tanaman hias dapat membantu proses pemulihan.

Inilah lima manfaat tanaman hias bagi kesehatan. Semoga bermanfaat. (*)

 

Kategori :