Beberapa Penyakit Pada Tanaman Hias dan Tips Cara Mengatasinya

Kamis 26-09-2024,08:58 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Memelihara tanaman hias merupakan hal yang menyenangkan, terutama bagi yang hobi mengoleksinya. Selain menambah keindahan, tanaman hias juga bisa mendatangkan keuntungan yang menggiurkan. 

Namun memelihara tanaman hias juga dapat beresiko yakni terkena penyakit seperti jamur, virus ataupun bakteri. Hal ini bisa menyebabkan pertumbuhannya tidak sempurna, layu bahkan mati. Hal ini harus segera diatasi karena dapat berdampak pada tanaman lain di sekitarnya. Berikut ini beberapa penyakit pada tanaman hias dan tips sederhana cara mengatasinya.

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Yang Bisa Dijadikan Bonsai

BACA JUGA:Kenali Jenis Kaktus Yang Cocok Diletakkan Dalam Ruangan

1. Penyakit Layu Daun

Penyakit layu daun ini disebabkan karena jamur. Cirinya tanaman membusuk pada akar,daun layu berwarna kuning dan tidak segar. Jika tidak segera diatasi maka tanaman hias akan mati. Cara mengatasinya bagian akar yang busuk dan  daun yang layu dipotong. Setelah itu semprotkan cairan fungisida pada tanaman hias.

2. Penyakit Bercak Pada Daun

Ciri penyakit bercak daun ini yakni terdapat bercak pada permukaan daun yang semula kecil lama-kelamaan semakin besar dan melebar. Hal ini disebabkan karena tanaman hias terlalu lembab dan menyebabkan jamur. Atasi dengan memotong bagian daun yang terkena bercak, setelah itu semprot dengan cairan fungisida untuk menghindari penularan pada tanaman lainnya.

BACA JUGA:Kecantikan Bunga Aglonema Yang Jadi Rebutan, Pantas Harganya Tinggi

BACA JUGA:Mengenal 4 Jenis Alocasia, Tanaman Cantik Penghias Rumah

3. Penyakit Busuk Basah

Hal ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang pada musim penghujan. Tandanya daun tanaman hias akan berubah menjadi lembut dan perubahan warna. Jika tidak segera diatasi lama kelamaan akan terjadi pembusukan dan mengeluarkan aroma tak sedap. Selain itu penyakit busuk basah ini bisa menyebar ke tanaman hias lainnya. Cara mengatasinya dengan memotong bagian daun yang terkena penyakit dan mengurangi penyiraman agar kondisi tanah tidak terlalu basah dan lembab. 

Nah itulah beberapa penyakit pada tanaman hias dan tips sderhana cara mengatasinya. Semoga bermanfaat (*)

 

 

 

Kategori :