Selain Indah, 4 Jenis Tanaman Hias Ini Dapat Dijadikan Pagar Rumah

Senin 23-09-2024,08:53 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Selain sebagai pelengkap dekorasi rumah, beberapa jenis tanaman hias juga berfungsi sebagai pagar rumah. Tak hanya memberi nilai estetika, tanaman pagar juga berfungsi sebagai pembatas.

Keberadaan tanaman pagar bukan sebatas mempercantik pekarangan rumah. Lebih dari itu, tanaman pagar berfungsi memberikan batas privat serta keamanan bagi pemilik rumah. Itu sebab agar fungsinya menyeluruh, tak jarang orang memilih memelihara tanaman pagar rumah cantik.

BACA JUGA:Simak 5 Penyebab Tanaman Hias Mudah Mati

BACA JUGA:Tanaman Hias Mini Yang Cocok Dalam Ruangan

Beberapa tanaman pagar terbaik tidak memerlukan perawatan ekstra yang memerlukan banyak waktu. Cukup dilakukan penyiraman rutin, tanaman pagar akan tumbuh dengan sendirinya. Batas area rumah akan terlihat lebih cantik dengan keberadaan tanaman pagar yang banyak dijumpai baik di daerah perkotaan maupun di pedesaan. 

Tanaman pagar disebut juga sebagai tanaman tepi. Ada banyak tanaman pagar yang bisa dipilih, di antaranya dari yang berjenis semak, bambu-bambuan, rambat, hingga pohon.

BACA JUGA:4 Jenis Tanaman Hias Kekinian yang Banyak Digemari

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Mudah Perawatan, Cocok Bagi Pemula

Berikut rekomendasi tanaman pagar yang dapat dijadikan sebagai penghias rumah :

1. Tanaman Merambat

Tanaman rambat memiliki karakter tumbuh menjalar. Pada penggunaannya, tanaman ini bisa dipadukan dengan pagar yang terbuat dari elemen yang keras seperti besi dan kayu.

Tanaman rambat menutupi pagar besi atau kayu yang berongga besar. Selain itu, tanaman ini juga berfungsi sebagai penutup pagar yang transparan, sehingga mengurangi pandangan langsung ke arah dalam. 

Ada dua jenis tanaman merambat, yaitu yang merambat sendiri dan dirambatkan.

2. Pucuk Merah

Tanaman pucuk merah masuk dalam klasifikasi family yang sama dengan tanaman cengkih. Jika diperhatikan sekilas, tajuk dan daun tanaman pucuk merah memang menyerupai tanaman cengkih. 

Perawatan pucuk merah cukup mudah. Anda cukup memotong ujung-ujung tanaman agar tunas baru bisa tumbuh dan memunculkan daun mudanya. Dengan perawatan yang rutin, tanaman pucuk merah bisa menjadi pagar tanaman yang cantik di rumah Anda.

3. Bambu

Ada beberapa jenis bambu yang bisa digunakan sebagai pagar tanaman, seperti bambu kuning, bambu Jepang, atau bambu air. Tanaman bambu hias ini mampu menciptakan kesan pedesaan yang alami. 

Tanaman bambu kuning sangat populer sebagai pagar tanaman karena bentuk dan warnanya. Warna batangnya yang kuning cerah bisa memunculkan efek ceria dan gembira. Sementara itu, tanaman bambu Jepang memiliki batang berwarna seperti tembaga dengan daun rimbun. 

Bambu air juga lumrah digunakan sebagai pagar hidup. Bambu air sebenarnya adalah tanaman air, tetapi bentuknya sangat mirip dengan pohon bambu. Tanaman ini berwarna hijau, beruas-ruas, dan tidak memiliki daun.

4. Bougenville

Daya tarik bunga ini terletak pada bentuk dan warna kelopaknya. Kelopaknya berbentuk seperti kuncup bunga yang tidak mekar sepenuhnya. Warna kelopaknya bermacam-macam mulai dari ungu, oranye, pink, kuning, putih, merah, bahkan biru. 

Bunga bugenvil memiliki kebiasaan unik yaitu merontokkan daun-daunnya saat berbunga. Saat berbunga, bunga-bunga ini semakin terlihat cantik karena seolah tak memiliki daun. Perawatan bunga ini juga cukup mudah karena bisa tumbuh subur di kawasan beriklim tropis seperti Indonesia.

Kategori :