Ingin Pohon Kamboja Tumbuh Subur dan Berbunga Lebat, Ini Cara Perawatannya!

Sabtu 14-09-2024,20:18 WIB
Reporter : Nis
Editor : Nis

Ini akan membantu menyediakan nutrisi yang dibutuhkan oleh pohon kamboja. Bisa gunakan pupuk NPK yang seimbang atau yang kaya fosfor (P) dan kalium (K).

Karena kedua unsur ini penting untuk pembentukan bunga. Pupuk bisa diberikan setiap 2-3 bulan sekali. Pilih formula NPK dengan rasio 10-30-10 (kandungan fosfor lebih tinggi) untuk merangsang pembungaan.

Namun bisa juga menggunakan pupuk cair yang kaya nitrogen juga dapat diberikan untuk merangsang pertumbuhan daun dan membuat pohon lebih rindang.

BACA JUGA:Ingin Rumah Cantik, Ini Tanaman Hias Yang Dipilih!

BACA JUGA:Ketahui 4 Jenis Tanaman Hias Cantik Sulit Perawatan

5. Perawatan Tanah

Perawatan selanjutnya adalah agar memastikan tanah di sekitar pohon kamboja selalu gembur. Akar kamboja membutuhkan sirkulasi udara yang baik. 

Jadi bisa menggemburkan tanah secara rutin atau menambahkan mulsa organik di sekitar pangkal tanaman.

Adapun untuk pH tanah paling baik di tanah dengan pH sedikit asam hingga netral (6,0 hingga 7,5). Jika tanah terlalu basa, pertumbuhan bisa terhambat.

6. Pengendalian Hama dan Penyakit

Selalu melakukan pencegahan hama yaitu dengan meriksa tanaman secara rutin untuk memastikan tidak ada serangan hama seperti kutu daun atau tungau yang bisa merusak tanaman. 

BACA JUGA:Rekomendasi Tanaman Hias Pelengkap Halaman Rumah Yang Mudah Dirawat

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

Gunakan insektisida alami seperti minyak neem jika diperlukan. Ini dengan menjaga lingkungan sekitar pohon tetap bersih dan bebas dari daun-daun yang membusuk untuk mencegah penyakit jamur. Penyiraman yang berlebihan juga bisa menyebabkan busuk akar.

7. Periode Dormansi

Pohon kamboja biasanya mengalami periode dormansi (istirahat) saat musim dingin atau musim hujan. Pada masa ini, pohon bisa menggugurkan sebagian daunnya. 

Kategori :