Rekomendasi Tanaman Hias Pelengkap Halaman Rumah Yang Mudah Dirawat

Sabtu 07-09-2024,07:46 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Jenis tanaman hias bunga outdoor sangat cocok untuk mempercantik pekarangan rumah agar terlihat lebih berwarna. Jika  pekarangan rumah masih terlihat polos, bisa ditambahkan beberapa tanaman hias bunga yang cocok untuk diluar rumah. 

Berbagai jenis bunga untuk halaman rumah dengan variasi berbeda bisa membuat pekarangan lebih berwarna. Jadi, tidak hanya dihiasi dengan tanaman hias daun tapi juga bisa memilih jenis bunga untuk halaman rumah.

Ada beraneka ragam jenis tanaman hias bunga outdoor. Jenis tanaman hias ini merupakan tanaman hias yang disimpan di luar rumah atau di bagian pekarangan rumah serta tidak membutuhkan banyak air.

Umumnya, tanaman hias bunga outdoor memang akan lebih bagus dan maksimal dalam pertumbuhannya jika diletakkan di udara terbuka dan terkena sinar matahari langsung. Tak heran, kalau tanaman hias bunga outdoor sangat tahan terhadap sinar matahari dan udara yang panas.

BACA JUGA:5 Jenis Tanaman Hias Yang Cocok Untuk Rumah Minimalis

BACA JUGA:Yuk Kenali Tanaman Hias Yang Bisa Mengusir Nyamuk di Rumah

Berbagai macam tanaman hias bisa kamu tanam untuk membuat suasana rumah lebih indah, segar, dan asri. Hal ini tentunya juga bisa membuat kamu lebih nyaman saat di rumah.

Sebelum memilihnya, ketahui terlebih dahulu jenis tanaman hias bunga outdoor. Berikut rekomendasi jenis tanaman hias bunga outdoor yang cocok ditanam di halaman rumah dirangkum dari berbagai sumber :

1. Asoka

Bunga asoka biasa ditemukan sebagai tanaman pagar di pekarangan rumah. Warnanya beragam mulai dari merah, pink, jingga, dan kuning. Tanaman asoka berbunga ketika menjelang musim hujan tiba. Bunganya dapat bertahan selama 3-4 bulan. Bibit tanaman soka bisa didapat dari hasil cangkok atau biji. Pemupukan tanaman ini cukup dilakukan 3 bulan sekali.

Jika ditanam dalam pot, tanam dalam pot 2 inci yang diisi dengan campuran starter benih yang baik. Tempatkan di lokasi yang hangat dengan cahaya sedang. Pemangkasan dan pemupukan tahunan akan meningkatkan kesehatan tanaman. Sirami hanya zona akar untuk mencegah dedaunan menjadi basah.

BACA JUGA:Selain Indah, Berikut 5 Rekomendasi Tanaman Hias Yang Wangi Semerbak

BACA JUGA:4 Tips Meletakkan Tanaman Hias di Kamar Agar Tidur Nyaman

2. Bougenville

Bougenville atau yang kerap disebut bunga kertas terkenal sebagai jenis bunga yang berwarna-warni cerah. Bunga ini menjadi tanaman hias yang sangat populer karena kecantikan warnanya dan perawatannya yang mudah. Bougenville adalah tanaman musim panas yang berduri dan hijau sepanjang musim. Untuk mulai menanam bugenvil di kebun, kamu harus mencari lokasi yang hangat.

Mereka sangat tahan kekeringan dan tumbuh subur di hampir semua tanah yang memiliki drainase baik. Meskipun tanaman bugenvil toleran terhadap banyak jenis tanah, mereka lebih suka tanah yang mengandung tanah liat, pasir, dan lumpur di bagian yang sama. Untuk perawatan bugenvil terbaik, pilih tanah dengan pH lebih dari 6.

3. Kembang Sepatu

Kembang sepatu menjadi salah satu jenis bunga hias tropis yang kerap ditemui di pekarangan rumah. Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Bunga berbentuk trompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm hingga 20 cm dengan putik menjulur ke luar bunga.

Meskipun merupakan tumbuhan tropis, kondisi lembap sangat ideal untuk kembang sepatu. Tanaman ini paling baik tumbuh dalam suhu 16-32 C. Ketika kembang sepatu sedang dalam tahap berbunga, mereka membutuhkan banyak air. Kembang sepatu perlu disiram setiap hari dalam cuaca hangat. Tetapi begitu cuaca mendingin, kembang sepatu membutuhkan lebih sedikit air, dan terlalu banyak air dapat membunuhnya.

4. Bunga Marygold

Satu lagi jenis bunga untuk halaman rumah yang cantik dan tahan panas serta hujan adalah marygold. Dikutip dari India Gardening, jenis bunga untuk halaman rumah ini memiliki beragam warna mulai dari oranye, kuning, hingga merah.

Belum lagi perawatan marygold yang terbilang mudah karena tahan terhadap sinar matahari, panas, kekeringan, bahkan musim hujan. Terdapat pula segudang manfaat lain dari marygold terutama di bidang kesehatan, seperti menurunkan demam hingga menjadi penawar racun.

Kategori :