Tahan Panas, Berikut Tanaman Hias Yang Cocok Diletakkan Dekat Jendela

Senin 02-09-2024,14:49 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Menempatkan tanaman hias perlu pertimbangan tertentu. Selain menambah keindahan rumah, penempatan tanaman hias juga membuat rumah terlihat tertata rapi.

Tanaman hias yang cocok ditaruh di jendela bisa jadi pemanis eksterior sekaligus interior rumah. Jendela rumah merupakan tempat yang banyak terkena sinar matahari. Beberapa jenis tanaman sangat cocok di tempat ini.

Tanaman hias yang cocok ditaruh di jendela biasanya membutuhkan banyak sinar matahari untuk tumbuh subur. Bersama dengan air, cahaya adalah elemen terpenting dalam menumbuhkan tanaman yang sehat. Tanaman hias ini bisa mempercantik rumah dan memberi kesan asri.

Anda harus memilih tanaman yang menyukai sinar matahari berlimpah ketika menempatkan tanaman di dekat jendela. Pasalnya, tanaman yang tidak membutuhkan terlalu banyak sinar matahari bisa layu jika didekatkan dengan jendela atau sudut rumah yang terekspos cahaya matahari.

BACA JUGA:Bikin Suasana Sejuk, 5 Tanaman Peneduh Ini Mesti Ada di Rumah

BACA JUGA:Rekomendasi Jenis Bunga Cantik Pengusir Nyamuk Yang Bisa Ditanam di Rumah

Berikut beberapa jenis tanaman has yang cocok diletakkan dekat jendela dirangkum dari berbagai sumber :

1. Areca Palm

Areca palm berasal dari Madagaskar,tetapi telah dinaturalisasi di seluruh dunia. Umumnya, areca palm dikenal sebagai palem kupu-kupu atau palem tebu emas. Spesies ini dikenal dengan pelepahnya yang melengkung dan batang keemasannya yang mengesankan. Tanaman hias areca palm menawarkan sejumlah manfaat yang terbukti menghilangkan bahan kimia seperti formaldehida, xilena, dan toluena dari udara. 

2. Jade Plant

Jade plant juga dikenal sebagai tanaman giok, pohon uang, atau tanaman keberuntungan. Jade plant termasuk dalam jenis sukulen dengan daun kecil dan bunga merah atau putih. Tanaman giok membutuhkan setidaknya empat jam sinar matahari setiap hari, jadi jendela yang menghadap ke selatan sangat ideal.

Tanaman ini sangat ideal pada sinar matahari penuh dengan drainase yang baik. Jaga kelembapan tanaman giok dengan menyiramnya saat permukaan tanah kering untuk mencegah daun rontok.

3. Sukulen Tasbih

Jenis sukulen lain yang bisa ditanam di dekat jendela adalah sukulen tasbih atau String of Pearls. Tanaman ini termasuk jenis sukulen dengan batang panjang dan daun mirip butiran tasbih yang menjulur ke bawah.

BACA JUGA:Jenis Tanaman Kaktus Yang Tidak Berduri, Cocok Untuk Interior Rumah

BACA JUGA:Teras Kecil? Tanaman Gantung Bikin Teras Indah dan Asri

Sukulen tasbih menyukai cahaya tidak langsung yang berlimpah, tanah berpasir, dan penyiraman sesekali. Tanaman ini juga sangat mudah dibiakkan dengan cara stek batang.

4. Lidah Mertua

Lidah mertua juga menjadi pilihan terbaik untuk tanaman hias di dalam maupun luar ruangan. Lidah buaya akan tumbuh subur dalam cahaya terang. Tanaman ini juga akan tumbuh dalam kondisi teduh. Jika beruntung, lidah mertua bisa menghadiahimu bunga putih yang harum.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya adalah spesies sukulen yang berasal dari Jazirah Arab, tapi saat ini tumbuh subur di iklim tropis, semi tropis, dan gurun di seluruh dunia, termasuk Indonesia.  Lidah buaya dikenal dengan khasiatnya sebagai obat. Gel dalam daun lidah buaya dapat membantu meredakan iritasi kulit dan luka bakar.  Lidah buaya termasuk tanaman hias yang tumbuh subur di jendela menghadap selatan. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori :