Mengenal Tanaman Hias Yang Cocok di Ruangan AC

Sabtu 31-08-2024,07:27 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Tanaman hias merupakan salah satu alternatif untuk mendekorasi ruangan agar lebih hidup dan segar. Namun, terkadang seseorang ragu  untuk menaruh tanaman hias di dalam ruangan. Misalnya ruangan ber-AC atau memakai pendingin ruangan. Karena  ada beberapa tanaman yang tumbuhnya kurang baik jika berada di suhu yang rendah. 

Sementara itu, AC dibutuhkan manusia ketika udara atau cuaca sedang panas. Cuaca panas menyebabkan sebagian besar orang menyalakan AC untuk menyejukkan ruangan. Ini berlaku selain di kantor juga di rumah. 

Pada dasarnya, suhu dingin akan menyebabkan tanaman 'kelaparan.' Jika warna daun tanaman Anda memudar atau jika daunnya layu, bisa jadi karena tanaman terlalu dekat dengan ventilasi AC. Namun, ini tak berarti semua tanaman pasti tak kuat ac.

Untuk menyiasati hal tersebut, kamu bisa memilih tanaman hias yang bisa tahan di ruangan ber-AC. Mengutip berbagai sumber, berikut beberapa tanaman hias untuk ruangan ber-AC :

BACA JUGA:Lakukan Perawatan Setiap Hari Tanaman Kaktus Mini Tetap Subur

BACA JUGA:Kenali Jenis Tanaman Hias Yang Cantik dan Kekinian

1. Paku Gunung

Di urutan selanjutnya adalah paku gunung. Tanaman yang juga disebut Pakis Boston ini bisa hidup di suhu 15 hingga 23 dearajt Celcius. Sehingga, tidak akan menjadi masalah jika AC di ruanganmu terus hidup, sementara di dalamnya terdapat paku gunung. Lebih menariknya lagi, tanaman ini bisa bertahan di suhu 10 derajat Celcius. Walau bisa bertahan di suhu yang sangat rendah, sebaiknya jangan biarkan paku gunung hidup dalam kondisi demikian.

Hal lain yang membuat paku gunung cocok di ruangan ber-AC karena tanaman ini bisa menyaring udara. Jika tanaman berada di ruangan seluas 9 meter, ia bisa menyaring udara yang mengandung benzena dan formaldehida agar orang yang berada di dalamnya bisa bernapas lebih mudah.

2. Peace Lily

Tanaman ini juga cocok untuk ditaruh di ruangan ber-AC. Peace Lily menyukai hidup di dalam ruangan dan dapat tumbuh di ruangan ber-AC. Namun, pastikan tanaman ini tidak mendapat angin langsung dari AC.Taruh Peace Lily di ruangan yang bisa terkena cahaya matahari tidak langsung pada pagi hari. Terlalu banyak cahaya justru kurang bagus bagi tanaman ini. Siram Peace Lily beberapa hari sekali untuk menjaga kelembaban tanah.

3. Aglonema Merah

Aglaonema merah merupakan tanaman yang mudah dirawat dan dapat tumbuh di bagian manapun di rumah atau kantor. Tanaman ini bisa ditempatkan di ruangan ber-AC, namun jangan terlalu dekat dengan tempat keluarnya angin dari AC.

BACA JUGA:Yuk Simak Tips Bercocoktanam di Pot Bagi Pemula

BACA JUGA:Inspirasi Pilihan Tanaman Hias Yang Low Budget

Tanaman ini juga butuh cahaya matahari tidak langsung untuk menjaga daunnya tetap berwarna pink ke merah-merahan. Aglaonema menyukai tanah yang lembab, maka kamu bisa menyiramnya setiap beberapa hari sekali dan pastikan sisa airnya kering.

4. Lidah Mertua

Lidah mertua atau snake plant adalah salah satu tanaman yang mudah untuk tumbuh dan dirawat. Biasanya, tanaman ini menyukai paparan cahaya selama 6-8 jam. Namun, tanaman itu juga bisa tumbuh di tempat yang tidak terlalu terpapar cahaya.

Lidah mertua cukup disiram ketika kondisi tanah kering. Jika tanah terlalu lembab, maka bisa cepat busuk.

Itulah 4 tanaman yang bisa ditempatkan di ruangan ber-AC. Semoga bermanfaat!

Kategori :