Kenali Jenis Tanaman Hias Yang Cantik dan Kekinian

Jumat 30-08-2024,16:10 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Melakoni aktivitas bertanam atau budidaya tanaman hias jadi tren sebagian kalangan sekarang ini. Merawat tanaman hias jadi hobi yang dipilih sebagian orang. Namun tak sekadar menebus kesenangan, ada pula yang menjadikan budidaya tanaman hias sebagai ladang bisnis baru.

Jenis-jenis tanaman hias yang cantik dapat membuat rumah makin nyaman. Apalagi, kita bisa meletakkannya di dalam ataupun luar ruangan. Melihat dedaunan yang cantik dan menyegarkan ini tentunya membuat kamu ataupun tamu menjadi nyaman.

Sebelum melakoni hobi bertanam, baiknya pecinta tanaman mengenal terlebih dahulu jenis tanaman yang akan dibudidayakan. Juga perlu mencari tahu karakteristik dari pelbagai jenis tanaman hias itu. 

Beberapa tanaman seperti  monstera, hoya hingga lidah mertua adalah beberapa tanaman hias yang populer dan banyak digemari. Kamu bisa memilih tanaman hias yang paling disuka dan paling cocok untuk ditanam di rumah.

BACA JUGA:Yuk Simak Tips Bercocoktanam di Pot Bagi Pemula

BACA JUGA:Inspirasi Pilihan Tanaman Hias Yang Low Budget

Jenis-jenis tanaman hias yang populer ini juga tidak begitu sulit dirawat. Jadi, bagi yang baru mencoba untuk menanam tanaman hias tidak perlu khawatir. Selain itu, juga sudah banyak beredar di internet tutorial cara merawat tanaman hias untuk pemula.

Berikut 5 jenis tanaman hias yang cantik dan kekinian dirangkum  dari berbagai sumber:

1. Monstera

Monstera juga termasuk tanaman yang tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti di Indonesia. Ciri khas tanaman hias daun ini terletak pada lembaran daunnya yang memiliki beberapa ruang di bagian tengahnya. Sebagai tanaman yang bentuknya unik, monstera ternyata masuk dalam jenis tanaman hias yang bagus untuk kesehatan. 

Hal ini disebabkan karena tumbuhan ini tetap mengeluarkan oksigen dan menyerap karbondioksida di malam hari. Hebatnya lagi, monstera juga mampu menyerap zat berbahaya seperti formaldehida yang bisa merusak tubuh. 

Tanaman hias monstera terdiri atas puluhan varietas. Dari sekian banyak jenis itu, ada satu varietas yang paling sering dibudidayakan dan terkenal dari yang lainnya, yakni Monstera deliciosa.

BACA JUGA:Simak Jenis Tanaman Hias Berbunga Namun Mudah Ditanam

BACA JUGA:Jenis Tanaman Hias Penghasil Oksigen Bikin Udara Lebih Segar di Rumah

Di Indonesia, tanaman ini kerap dijuluki dengan sebutan 'janda bolong' dan dikenal sebagai salah satu tanaman hias terpopuler. Monstera juga memiliki daya tumbuh yang cepat, apalagi Monstera deliciosa borsigiana.

2. Hoya

Hoya merupakan tanaman hias dengan daun lilin dan bunga aromatiknya yang indah. Meskipun mereka membutuhkan cukup banyak cahaya untuk tumbuh subur, hoya adalah tanaman kuat yang tak memerlukan banyak perawatan. Sebagian besar spesies hoya dikenal tahan kekeringan. 

Tanaman hias yang satu ini punya karakter menyerupai bunga plastik. Tekstur bunganya yang kasar dan berkilau warna-warni membuat orang awam bertanya-tanya: Tanaman yang digantung di teras rumah itu tanaman sintetis atau asli, ya?

Tanaman hias dari Asia Timur ini memang jarang ditemukan di toko bunga. Sekalipun begitu,  perlu tahu beberapa jenis tanaman Hoya yang bisa dibudidayakan di antaranya Hoya Cinnamomifolia var. purpureofusca, Verticillata, Parasitica, Cumingiana (terestrial) serta Diversifolia.

3. Calathea

Dari keluarga calathea, tanaman hias kekinian yang paling diburu adalah jenis calathea cynthia. Tumbuhan ini memiliki ciri khas dari motif dan warna daunnya yang terbilang cukup unik. 

Kalau dilihat dari warnanya, cynthia dibedakan menjadi dua jenis, yakni cynthia merah dan putih. Calathea merah ditandai dengan warna tulang daun dan pinggir daunnya yang berwarna merah. Sementara bagian tengahnya berwarna hijau tua. Sedangkan calathea putih memiliki warna putih pada tulang daun dan pinggirannya. 

Meski demikian, warna dasar calathea sebenarnya merah, sehingga bagian belakang daunnya semua berwarna merah. Sebagai salah satu bunga kekinian, tanaman ini cukup mudah ditemukan. Harganyapun masih terjangkau.

4. Sukulen

Succulent atau sukulen merupakan tanaman hias hemat air yang paling populer belakangan ini. Jenis tanaman ini punya karakter memiliki bagian yang lebih tebal dan berdaging untuk menyimpan air.

Kaktus, termasuk salah satu jenis yang masuk keluarga sukulen. Akhir-akhir ini, kaktus mini dalam pot juga jadi salah satu tren dengan nilai jual tinggi dan laku di pasaran.

Selain kaktus, jenis sukulen lain yang dapat dijadikan budidaya tanaman hias di antaranya echeveria, jade plant, stonecrop hingga aloe.

5. Sansevieria

Sansevieria lebih dikenal sebagai tanaman lidah mertua. Ini disebabkan karena bentuk daun yang memanjang menyerupai lidah dengan bagian ujungnya yang sangat runcing. 

Sejak dulu tanaman ini selalu diminati masyarakat karena desainnya yang unik serta perawatannya yang mudah. Lidah mertua yang memiliki daun tebal ini memiliki keunggulan dari ketahanannya yang mampu hidup tanpa membutuhkan banyak air. Tumbuhan sansevieria juga bisa diletakkan di dalam ruangan yang minim cahaya.

Lidah mertua kerap dijadikan dekorasi indoor karena diyakini punya banyak fungsi, mulai dari menyembuhkan sakit kepala hingga menangkal radiasi barang-barang elektronik. (*)

 

 

 

 

Kategori :