Mengenal Tanaman Hias Yang Tak Perlu Disiram Tiap Hari

Sabtu 24-08-2024,11:20 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Saat ini tanaman hias menjadi salah satu tanaman yang banyak diincar-incar oleh masyarakat. Bahkan mereka tidak segan-segan untuk mengeluarkan uang yang cukup banyak hanya demi mendapatkan tanaman hias yang diinginkan.

Memiliki warna yang cantik, bermotif menarik, serta ukurannya yang cenderung kecil membuat tanaman hias ini dapat dipilih untuk menghiasi rumah ataupun ruangan. Beberapa tanaman hias pun ada yang bisa digantung di teras atau diletakkan di meja kecil sebagai hiasan meja. Dengan adanya tanaman hias rumah pun terlihat lebih indah.

Namun, perlu diketahui bahwa setiap tanaman hias membutuhkan perawatan tertentu. Bagi seseorang yang sibuk dan tidak sempat menyirami setiap hari, terdapat beberapa jenis tanaman hias yang dapat dipilih.

Terkadang jika kita memiliki kesibukan, kita lupa untuk menyiram tanaman secara teratur. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada tanaman hias yang tidak perlu disiram setiap hari.

BACA JUGA:Mengenal Tanaman Hias Daun Cantik Menyegarkan Yang Mudah Dirawat

BACA JUGA:Simak Cara Menyiram Tanaman Hias Supaya Subur dan Indah

Berikut beberapa tanaman hias yang tak perlu disiram setiap hari dirangkum dari berbagai sumber :

1. Sukulen

Sukulen menjadi salah satu tumbuhan yang saat ini tengah dicari. Keindahan lilin dan geometrisnya memang terlihat trendi, selain bentuk dan warnanya yang menarik mulai dari hijau hingga ungu tua. Daunnya yang tebal mampu menyimpan air, sehingga hanya membutuhkan penyiraman selama mingguan atau penyiraman dilakukan saat tanah mengering. Sukulen terdiri dari banyak varietas dan mampu hidup dengan sinar matahari dan udara kering.

2. Lili Paris

Lili paris juga jenis tanaman yang nggak perlu disiram terlalu sering. Tanaman dengan nama latin chlorophytum comosum ini juga berfungsi untuk menjernihkan udara di dalam ruangan. Jadinya, tidak cuma cantik sebagai dekorasi tapi juga bagus untuk kesehatan.

Untuk merawat lili paris, cukup dengan meletakkannya di tempat sinar matahari langsung dan siram satu kali seminggu. Namun, kamu perlu memperhatikan kondisi tanahnya juga, ya. Jika tanah sudah mengeras, segeralah ganti dengan tanah yang baru.

3. Sirih Gading

Buat kamu yang masih belajar berkebun, sirih gading atau devil’s ivy bisa jadi pilihan yang tepat. Pasalnya,  sirih gading sangat mudah dirawat tanpa perlu disiram setiap hari. Tanaman ini juga bisa hidup dengan cahaya matahari sedikit dan di tanah yang kering.

BACA JUGA:Wajib Diketahui, 5 Jenis Tanaman Hias Yang Bantu Hilangkan Racun di Rumah

BACA JUGA:Mau Tanaman Sirih Gading Tumbuh Subur, Ini Cara Merawatnya!

Berkat perawatannya yang mudah, sirih gading sangat cocok diletakkan di dalam ruangan kerja atau kamar tidur. Untuk merawatnya, cukup dengan menyiram sirih gading dua atau tiga hari sekali pada pagi hari agar tanah tidak terlalu lembap. Tanah yang lembap bisa membuat akar sirih gading membusuk.

4. Begonia

Tanaman ini memiliki ciri khas daun lebar berwarna kontras yang mampu memberikan sentuhan segar pada ruangan. Tanaman yang tidak perlu disiram setiap hari ini cocok sekali diletakkan di ruang tamu atau ruang keluarga sebagai penambah dekorasi.

Begonia termasuk tanaman yang bisa bertahan hidup dalam kondisi minim air. Bahkan kamu tidak perlu menyiramnya setiap hari karena tanaman ini sensitif terhadap air yang berlebih. Siram kembali Begonia ini ketika daunnya sudah sedikit layu dan berikan air secukupnya saja.

5. Bougenville

Tanaman hias ini termasuk yang tidak perlu disiram setiap hari. Bougenville memiliki bunga berwarna cerah yang akan membuat perkarangan rumah menjadi lebih indah.

Saat ini sudah banyak orang yang membuat bonsai Bougenville dalam pot, sehingga Bougenville ini dapat diletakkan di dalam ruangan juga.

Meskipun tanaman ini tidak perlu disiram setiap hari, kamu harus menyiram bunga Bougenville yang baru saja tumbuh agar akarnya kuat.

Jika akarnya sudah kuat, kamu bisa menyiramnya kembali setelah tanahnya mengering. Sebaiknya hindari penyiraman tanaman ini jika tanahnya masih basah karena akarnya bisa cepat busuk. (*)

 

 

 

 

 

 

 

Kategori :