Tahukah Anda, Berikut 5 Jenis Tanaman Hias Ini Tumbuh Subur Tanpa Tanah

Senin 19-08-2024,12:37 WIB
Reporter : W Siska
Editor : W Siska

OKINEWS.CO - Menghias  rumah dengan berbagai jenis  tanaman hias menjadi salah satu cara untuk mempercantik sekaligus memberikan rasa segar serta asri. Tanaman hias  sendiri tak hanya dapat menjadi dekorasi yang mempercantik ruangan tetapi juga memiliki manfaat lainnya. Tanaman tersebut dapat berfungsi sebagai penyerap karbon dioksida dan membuat udara di ruangan terasa lebih segar.

Ada beberapa jenis tanaman hias yang tetap bisa hidup dan tumbuh dengan baik tanpa media tanah sekalipun. Bagi pemula, jenis tanaman hias media air dapat dipilih. Pasalnya, tanaman ini mudah untuk dirawat dan tidak memerlukan tanah sebagai media tanam. Jenis tanaman hias media air juga beragam sehingga Anda dapat memilihnya sesuai dengan keinginan. Bentuknya yang cantik dapat menjadi dekorasi ruangan yang indah sekaligus menyejukkan.

Ada berbagai macam tanaman hias yang bisa dipilih oleh kamu yang hobi memelihara tanaman.. Mulai dari yang berwarna cerah, berdaun keras seperti plastik, hingga yang merambat. Selain jenisnya, media tanam pada tanaman hias juga dapat berbeda.

Jika Anda tertarik merawatnya di rumah, simak rekomendasi jenis tanaman hias media air berikut ini yang akan tumbuh sumbur meski tanpa tanah: 

BACA JUGA:Kenali 5 Tanaman Hias Cantik Namun Sulit Merawatnya

BACA JUGA:Ketahui 4 Jenis Bunga Yang Wangi Pada Malam Hari

1. Melati Air

Dinamakan melati air karena bunganya yang indah berwarna putih selayaknya bunga melati.Ciri dari bunga melati air adalah  bunganya dengan tiga kelopak dan berdaun kaku. Biasanya, tanaman ini mekar pada pagi hari dan menguncup kembali di sore hari. Namun sebenarnya tanaman ini bukanlah melati. Sekadar memiliki kemiripan bunga berwarna putih pada bunga melati. Anda dapat merawat tanaman yang satu ini dengan media air, tetapi jangan sampai membiarkannya tenggelam. 

2. Lidah Buaya

Selain cocok dipelihara jika kamu tak ingin repot, lidah buaya juga dapat ditanam di media lain selain tanah. Lidah buaya tetap dapat tumbuh optimal di media tanam campuran kerikil dengan air, tanpa tanah. Cocok diletakan dalam pot sebagai hiasan dalam ruangan. Lidah buaya adalah tanaman yang mudah dirawat dan gelnya memiliki banyak manfaat. 

3. Bunga Bakung

Cantiknya bunga bakung memang selalu digunakan sebagai tanaman penghias ruangan. Tanaman ini menjadi favorit karena perawatannya yang mudah dan tidak membuat kotor ruangan. 

Bunga bakung dapat hidup tanpa tanah. Kamu bisa merawat bunga bakung dengan cara meletakannya dalam pot yang telah diisi dengan kerikil dan air. Pastikan untuk mencukupi kebutuhan airnya, tapi jangan terlalu berlebihan.

BACA JUGA:6 Rekomendasi Tanaman Hias Outdoor , Percantik Halaman Rumah

BACA JUGA:Tanaman Bunga Sepatu Selain Cantik Rupanya Bisa Turunkan Tekanan Darah

4. Bambu Air

Bambu air atau yang sering disebut horse tail dapat tumbuh hingga 100 cm. Tanaman ini memiliki daun yang agak bengkok berwarna keabu-abuan atau hijau. Batangnya yang berdaging menjadi pembeda antara bambu air dan bambu darat.

5. Sirih Gading

Sirih gading merupakan tanaman hias merambat yang populer sebagai tanaman indoor maupun outdoor. Tanaman ini memiliki daun berwarna kuning cerah atau hijau pucat kekuningan.

Tampilannya yang cantik membuatnya banyak digemari para pecinta tanaman. Apabila hendak membiakkan sirih gading di pot atau botol, Anda dapat memotongnya batangnya terlebih dahulu dengan panjang sekitar 20-30 sentimeter. Menanam sirih gading di air tidak akan membuatnya tumbuh dengan cepat, sehingga cocok dijadikan hiasan di dalam ruangan.

Demikian sejumlah jenis tanaman hias media air tanpa tanah. Semoga bermanfaat.(*)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Kategori :